Detail Cantuman Kembali

XML

Thesis : Analisis Kualitas Udara Lingkungan Ruang Perawatan Ditinjau Dari Kepadatan Bakteri Terhadap Potensi Infeksi Nosokomial Di Rumah Sakit Umum Labuang Baji


Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan kualitas udara lingkungan ruang perawatan ditinjau dari kepadatan bakteri terhadap infeksi nosokomial di Rumah Sakit Umum Labuang Baji, Makassar.
Jenis penelitian ini, yaitu observasional dengan desain kajian potong lintang. Sampel ruang perawatan (n=32) dan sampel pasien (n=53). Variabel penelitian meliputi potensi penyakit infeksi nosokomial, angka total bakteri, suhu, intensitas cahaya, kelembapan, kepadatan, ruangan, ventilasi ruangan, dan kebersihan ruangan. Uji statistik yang digunakan, yaitu chi-square dan regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan angka total kuman dengan potensi infeksi nosokomial (p=0,017); angka total kuman dengan kelembapan (p=0,000); angka total kuman dengan ventilasi (p=0,000); dan angka total kuman dengan kebersihan (p=0,000). Sementara hasil yang tidak memperlihatkan adanya hubungan, yaitu angka total kuman dengan suhu (p=0,053) dan angka total kuman dengan intensitas cahaya (p=0,293). Kebersihan berpengaruh lebih besar daripada variabel lainnya (4,9 kali lebih besar).
LOADING LIST...
Aldin - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
Universitas Hasanuddin
2016
MAKASSAR
xvii+146 hlm; 21x30
LOADING LIST...