Detail Cantuman Kembali

XML

Thesis : Pengaruh Nira Lontar (Borassus Flabellifer) Terhadap Glukosa Darah Prediabetes di Kabupaten Sidenreng Rappang


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh nira lontar (borassus flabellifer) terhadap penurunan glukosa darah pada prediabetes di Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidenreng Rappang.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan randomized pre-test post-test control group design. Sampel ditetapkan sebanyak 50 orang yang dibagi menjadi dua kelompok, yakni kelompok intervensi nira lontar (borassus flabellifer) sebanyak 25 orang dan kelompok kontrol dengan edukasi sebanyak 25 orang. Data dianalisis dengan menggunakan uji t berpasangan dan tidak berpasangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t berpasangan pada kelompok intervensi diperoleh perbedaan yang signifikan pada glukosa darah (p=0.000) dan tekanan darah yang terdiri atas tekanan darah sistolik (p=0.005) serta tekanan darah diastolik (p=0.000). Pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan pada glukosa darah (p=0.061), sedangkan tekanan darah terdapat perbedaan yang signifikan, baik pada tekanan darah sistolik (p=0.015) maupun tekanan darah diastolik (p=0.018). Hasil uji t tidak berpasangan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol terjadi perbedaan yang signifikan pada kadar glukosa darah (p=0.000). Terjadi penurunan kadar glukosa darah setiap minggunya antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Pemberian nira lontar (borassus flabellifer) selama 3 minggu dengan dosis 200 ml dengan aturan minum 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari setelah maakn efektif terhadap perubahan glukosa darah dan tekanan darah penderita prediabetes. Nora lontar (borassus flabellifer) memiliki potensi digunakan sebagai obat herbal atau terapi farmakologi pada prediabetes.
Kata kunci : prediabetes, nira lontar (borassus flabellifer), glukosa darah, tekanan darah
LOADING LIST...
Afsahyana - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2015
MAKASSAR
29,5 x 21,7 cm; xix; 114 hlm
LOADING LIST...