Detail Cantuman Kembali

XML

Thesis : Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Praktik Perawat Dalam Promosi Kesehatan TB Paru di Puskesmas Wilayah Kota Semarang


Kota Semarang termasuk enam kabupaten kota di Jawa Tengah 6 kabupaten kota yang masih mempunyai angka kesembuhan (cure rate) TB yang rendah. Kota Semarang setiap tahun terjadi peningkatan penemuan kasus baru TB dan angka kesembuhan TB paru tahun 2014 sebesar 60.61% dari 85% angka kesembuhan yang ditargetkan. Terdapat 21 kasus MDR di Kota Semarang yang disebabkan karena ketidakteraturan minum Obat TB. Peran utama tenaga perawat adalah melaksanakan pelayanan keperawatan namun perawat memiliki peran penting dalam pengendalian Tuberkulosis (TB) melalui promosi kesehatan.
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan praktik perawat dalam Promosi Kesehatan TB Paru di Puskesmas Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan studi potong lintang (cross sectional study). Jumlah sampel 45 perawat yang memberikan pelayanan TB di Puskesmas Kota Semarang, dipilih secara total sampling. Data dianalisa secara univariat, bivariat, dan multivariat.
Hasil penelitian menunjukkan 51,1% responden melaksanakan praktik promosi kesehatan TB dalam kategori baik. Variabel yang berhubungan dengan praktik perawat dalam promosi kesehaan TB Paru di Puskesmas adalah pengetahuan dengan nilai p = 0,002, Motivasi dengan nilai p=0,024 dan ketersediaan sarana prasarana dengan nilai p=0,011. Variabel yang berpengaruh terhadap praktik perawat dalam promosi kesehatan TB Paru di Puskesmas Kota Semarang adalah pengetahuan dengan nilai OR 15,925.
Guna meningkatkan pengetahuan dan praktik pemberdayaan masyarakat, maka perawat Puskesmas perlu difasilitasi untuk mengikuti pelatihan promosi kesehatan.
Kata Kunci : Praktik Perawat, Promosi Kesehatan TB
Pustaka : 50, 1995-2015
LOADING LIST...
Wafika Rahmawati - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2016
Semarang
29,5 x 21,7 cm; x; 159 hlm
LOADING LIST...